Kesimpulan dan Refleksi terhadap pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara
Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan menekankan bahwa pendidikan adalah proses memperkaya budi pekerti, memperluas wawasan, dan menghormati budaya untuk mendorong kemajuan dan pelestarian kebudayaan serta mencapai kebahagiaan manusia. Semua warga berhak atas pendidikan yang layak, dan anak-anak harus tumbuh sesuai kodrat mereka. Guru, sebagai panutan, harus melayani dengan tulus, memberikan teladan, membangun semangat, dan memberikan dorongan kepada siswa. Mereka harus menggali dan mengembangkan potensi unik siswa, memahami asal usul mereka, serta mengajar sesuai konteks zaman. Pembelajaran abad 21 menekankan pengembangan karakter dan nilai-nilai kehidupan dalam pendidikan.
Sebelumnya, saya sebagai guru lebih sering menggunakan metode pengajaran dengan ceramah dan penjelasan sebagai pendekatan utama. Fokus pembelajaran hanya terkait dengan tujuan kurikulum, tanpa mempertimbangkan karakteristik individu peserta didik. Semua peserta didik dianggap sama, tanpa perlakuan berbeda berdasarkan tingkat pemahaman mereka.
Setelah memahami filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara, saya meyakini bahwa pendidikan adalah proses panduan penuh kesabaran dan ketulusan, tanpa paksaan, hukuman, atau kekerasan. Tujuannya adalah membantu setiap peserta didik berkembang dengan memberi teladan, membangkitkan semangat, dan memberikan dukungan. Sesuai dengan konsep trilogi pendidikan Ki Hajar Dewantara.
Saya akan menginspirasi dan mendorong peserta didik di sekolah dengan menanamkan nilai-nilai karakter seperti disiplin, kerjasama, saling peduli, tanggung jawab, dan tolong-menolong dalam setiap kegiatan. Saya akan menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih efektif, interaktif, dan berfokus pada hasil belajar. Metode pembelajaran yang saya terapkan akan memotivasi peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran. Saya juga akan menggunakan ice breaking untuk mengembalikan fokus dan semangat peserta didik. Pembelajaran akan selaras dengan nilai budaya untuk memperkuat identitas budaya dan meningkatkan pemahaman peserta didik tentang dunia yang lebih luas, serta memecahkan masalah ketidaksetaraan dalam pendidikan dengan memberikan akses yang lebih setara kepada peserta didik dari latar belakang budaya yang beragam.
Nama : A’an Choiril Anwar Kelas : PPLG 01
NIM : 233153711683 Mata kuliah : FPI
Komentar
Posting Komentar